Estimasi Biaya Pembuatan Website

Estimasi Biaya Pembuatan Website Mulai 390 rb, 500rb, sampai 1,2 juta. Gratis Email Perusahaan, Garansi Dari Hacker dan Virus, Desain Menarik, Gratis Pemanduan

Pesan Web Hubungi Wa/ Telpon/ SMS: 085729319861

Contoh Desain Web

Contoh Desain Web –
www.beacukai-sabang.net

Estimasi biaya pembuatan website sering menjadi pertimbangan utama pada saat akan memilih salah satu jasa pembuatan website. Hal ini wajar adanya. Sebab, bagaimana pun juga, seseorang harus menyediakan budget sesuai dengan estimasi yang diperoleh tersebut. Sebenarnya, apa saja yang mempengaruhi besar kecilnya estimasi biaya saat membuat sebuah website? Berikut ini uraian lengkapnya.

1. Domain

Salah satu penyumbang biaya dalam pembuatan website adalah harga domain. Sebenarnya, domain bisa Anda peroleh secara gratis. Namun, ada pula domain berbayar, mulai dari termurah sekitar Rp150.000,00 hingga termahal lebih dari satu juta rupiah. Dalam hal ini, berlaku istilah “ada harga ada kualitas”. Semakin mahal harga domain yang Anda keluarkan, semakin menarik dan mengundang banyak konsumen untuk datang. Namun, jika Anda belum mempunyai konten dan teknik SEO yang berkualitas, sebaiknya pilihlah domain berbayar dengan harga standar saja, sekitar 400 ribuan.

2. Hosting dan VPS

Sama seperti domain, tersedia hosting atau VPS gratisan dan berbayar, tergantung dari penyedia hosting itu sendiri. Biasanya, hosting gratisan mempunyai fitur yang tidak lengkap seperti hosting berbayar. Untuk harga hosting, biasanya sekitar 25 ribu hingga 50 ribu rupiah untuk tiap bulannya. Sedangkan, untuk harga VPS, setiap bulannya sekitar 50 ribu hingga 80 ribu rupiah.

3. Web Desain

Salah satu hal yang juga mempengaruhi harga pembuatan website adalah web desain. Pada umumnya, biaya untuk jasa web desain ini berkisar satu juta hingga puluhan juta rupiah. Penyedia jasa biasanya sudah memberikan jasa web desain dalam satu paket dengan pembuatan website. Akan lebih murah jika Anda mempunyai keterampilan membuat web desain sendiri. Maka harga pembuatan website bisa lebih ditekan.

4. Theme dan Plugin Premium

Tampilan website akan lebih indah jika diberi tambahan theme atau plugin premium. Namun, tentu saja ini sangat berpengaruh pada besarnya budget. Anda perlu menyiapkan dana sekitar 250 ribu hingga satu juta rupiah untuk keperluan ini. Anda bisa menekan biaya ini dengan tidak menggunakan theme maupun plugin, tapi lebih memaksimalkan SEO on page dan off page agar website tetap menarik untuk dibaca konsumen.

5. Jasa SEO

Sebuah website memerlukan konten yang SEO friendly agar mudah ditemukan oleh konsumen. Namun, bukan perkara mudah membuat konten SEO. Maka, tak jarang yang memesan website sekaligus pembuatan konten SEO. Untuk ini, Anda perlu menyediakan dana sekitar 2 hingga 5 juta rupiah.

Berdasarkan beberapa hal di atas, maka dapat diperkirakan, biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatan website berkisar Rp750.000,00 per tahun. Ini merupakan harga minimal untuk membeli domain, hosting, maupun VPS. Sementara, jika Anda ingin menambahkan beberapa fitur pendukung, seperti plugin, jasa SEO, dan web desain pastinya ada tambahan biaya lagi, tergantung dari jenis yang Anda pilih. Itulah estimasi biaya pembuatan website.

This entry was posted in Desain Web and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *